Banyak yang mengatakan bahwa beberapa kemungkinan
penyebab rendahnya kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, yaitu: (1)
kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam menulis karya
ilmiah, khususnya menulis artikel ilmiah, (2)
terbatasnya sarana bacaan ilmiah terutama yang berupa majalah ilmiah
atau jurnal, (3) belum tersedianya majalah atau jurnal di lingkungan sekolah
atau dinas pendidikan kabupaten yang bisa menampung tulisan para guru, (4)
masih terbatasnya penyelenggaraan lomba menulis karya ilmiah yang
diselenggarakan oleh dinas pendidikan baik pada tingkat nasional, tingkat provinsi maupun pada tingkat
kabupaten, dan (5) masih rendahnya motivasi guru untuk mengikuti lomba menulis
karya ilmiah.
Diantara karya tulis yang dapat saya tulis pada kesempatan ini diantaranya yaitu:
SISTEMATIKA
PENULISAN KARYA TULIS
(Versi LPMP)
1.
LAPORAN
HASIL PENELITIAN
A. Bagian
Pembuka
-
Halaman Judul
-
Lembar pengesahan
-
Kata pengantar
-
Daftar isi
-
Daftar lampiran/gambar/tabel
B. Bagian
Isi
BAB I Pendahuluan
- Latar
belakang masalah
- Rumusan
masalah
- Tujuan
penelitian
- Manfaat
penelitian
BAB II Kajian
Teori atau tinjauan kepustakaan
- Pembahasan
teori
- Kerangka
berpikir dan argumentasi keilmuan
- Pengajuan
hipotesis
BAB III Metodologi
penelitian
- Waktu
dan tempat penelitian
- Metode
dan rancangan penelitian
- Populasi
dan sampel
- Instrumen
penelitian
- Pengumpulan
dan analisis data
BAB IV Hasil
penelitian
- Jabaran
dan variabel penelitian
- Hasil
penelitian
- Pengujian
hipotesis
- Diskusi
penelitian, mengungkap pandangan teoritis tentang hasil penelitian yang
didapatnya
BAB V Kesimpulan
dan saran
C. Bagian
Penunjang/Penutup
-
Daftar pustaka
-
Lampiran-lampiran
2.
LAPORAN
HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Bagian
Pembuka
-
Halaman Judul
-
Lembar pengesahan
-
Kata pegantar
-
Daftar isi
-
Daftar lampiran/gambar/tabel
B. Bagian
Isi
BAB I Pendahuluan
- Latar
belakang masalah
- Identifikasi
masalah
- Pembatasan
dan Rumusan masalah
- Tujuan
penelitian
- Manfaat
penelitian
BAB II Kajian Teori atau tinjauan kepustakaan
- Kajian
teori
- Kajian
hasil penelitian
BAB III Metodologi penelitian
- Obyek
tindakan
- Setting/lokasi/subyek
penelitian
- Metode
pengumpulan data
- Metode
analisis data
- Cara
pengambilan kesimpulan
BAB IV Hasil penelitian
- Gambaran
selintas tentang setting
- Uraian
penelitian secara umum-keseluruhan
- Penjelasan
per siklus
- Proses
menganalisis data
- Pembahasan
dan pengambilan kesimpulan
BAB V Kesimpulan dan saran
- Kesimpulan
- Saran
untuk tindakan lebih lanjut
C. Bagian
Penunjang
-
Daftar pustaka
-
Lampiran-lampiran
3.
TINJAUAN/ULASAN
ILMIAH HASIL GAGASAN SENDIRI
A. Bagian
pendahuluan
- Halaman
judul
- Kata
pengantar
B. Bagian
isi
Bab
I Pendahuluan: berisi uraian mengenai
hal yang dipermasalahkan
Bab
II Kajian teori dan faktamengenai hal
yang dipermasalahkan
Bab
III Tinjauan/ulasan
Bab
IV Kesimpulan
C. Bagian
penunjang
-
Daftar pustaka
-
Lampiran-lampiran
4.
BUKU
A. Bagian
pendahuluan
Ø Kata
pengantar
Ø Daftar
isi
Ø Penjelasan
tujuan buku pelajaran
Ø Petunjuk
penggunaan buku
Ø Petunjuk
mengerjakan soal latihan
B. Bagian
isi
Ø Judul
bab atau topik bahasan
Ø Uraian
singkat isi pokok bahasan
Ø Penjelasan
tujuan bab
Ø Uraian
isi pelajaran
Ø Penjelasan
teori
Ø Sajian
contoh
Ø Ringkasan
isi bab
Ø Soal
latihan
Ø Kunci
jawaban soal latihan
C. Bagian
penunjang
Ø Daftar
pustaka
Ø Lampiran-lampiran
5.
MODUL
1) Judul
2) Pengantar
3) Petunjuk
penggunaan modul
4) Tujuan
umum pembelajaran
5) Kemampuan
prasyarat
6) Pretest
7) Tujuan
khusus pembelajaran
8) Isi
bahasan
9) Kegiatan
belajar
10) Rangkuman
11) Tes
12) Sumber
media yang digunakan
13) Tes
akhir dan umpan balik
14) Rancangan
pengajaran remidial
15) Daftar
pustaka
6.
DIKTAT
PELAJARAN
a. Bagian
pendahuluan
·
Halaman judul
·
Kata pengantar
·
Daftar isi
·
Penjelasan tujuan diktat pelajaran
b. Bagian
isi
·
Judul bab atau topik bahasan
·
Penjelasan tujuan bab
·
Uraian isi pelajaran
·
Penjelasan teori
·
Sajian contoh
·
Soal latihan
c. Bagian
penunjang
·
Daftar pustaka
·
Lampiran
7.
ALAT
PERAGA
a. Bagian
pembuka
·
Halaman judul
·
Lembar pengesahan
·
Kata pengantar
·
Daftar isi
b. Bagian
isi
·
Latar belakang pembuatan alat peraga
·
Manfaat alat peraga
·
Bahan yang digunakan
·
Keadaan siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga
·
Prestasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat
peraga
·
Foto/gambar alat peraga
0 komentar:
Posting Komentar
Ass. wr. wb.
Trima kasih anda sudi meninggalkan komentar bagi kami, apapun isi komentar anda, kami yakin itu berangkat dari kepedulian anda tentang pendidikan terutama di Kabupaten Kendal ini.
Wassalam.